Rabu, 24 Oktober 2018

7 Makanan Pemulih Cepat Stamina Loyo

Bali - Pernahkah Anda merasa sangat lelah dan mengantuk setelah menyantap makan siang di kantor? Hal itu mungkin saja terjadi karena tubuh kekurangan energi untuk beraktifitas. Atau mungkin kecapean karena habis bepergian jauh yang mengharuskan duduk belasan jam di pesawat

Dilansir dari Daily Mail, seorang ahli gizi asal Amerika, Rick Hay menuturkan ada beberapa makanan yang bisa disantap dan berguna untuk mengembalikan energi agar tubuh tidak cepat merasa lelah. Apa saja?

1. Madu
Madu dulunya dikonsumsi oleh para atlet di zaman Yunani kuno sebagai sumber energi terbesar karena kaya akan karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk mengembalikan energi. Madu juga membantu mengatur kadar glikogen yang berfungsi untuk menghindari otot dan tubuh yang kelelahan. Konsumsi satu sendok teh madu yang dicampurkan dengan teh hangat. Minum pada pagi atau sore hari agar tubuh lebih berstamina.

2. Pisang
Pisang mengandung karbohidrat kompleks, protein, magnesium, dan asam amino yang mampu memberikan energi. Tak hanya itu saja, kombinasi dari potasium yang tinggi serta vitamin B pada pisan juga dapat membuat suasana hati lebih baik dan mengoptimalkan olahraga. Dalam studi yang dilakukan oleh Appalachian State University pada 2012, peneliti menyimpulkan bahwa pisang memiliki manfaat yang sama dengan minuman berenergi untuk olahraga.

3. Ubi
Ubi kaya akan serta sehingga ia tidak hanya mengembalikan energi namun juga membantu Anda merasa kenyang lebih lama saat Anda tengah dengan menjalankan program penurunan berat badan. Ubi juga kaya akan vitamin C, betakarotin, magnesium, dan zat besi yang merupakan zat esensial dalam nutrisi. Selain itu, kandungan potasium yang tinggi juga membantu menyeimbangkan elektrolit serta menurunkan tekanan darah.

4. Kacang
Kombinasi dari lemak baik, serat, dan protein yang terdapat dalam kacang-kacangan mampu mengembalikan energi karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Kacang juga berguna untuk menguatkan sistem imun karena kaya akan mineral antioksidan. Jenis kacang-kacangan yang paling baik dikonsumsi adalah walnut dan almond.

5. Jamur
Jamur kaya akan zat besi yang membantu mengatasi kelelahan karena memberikan oksigen ke dalam tubuh. Campurkan jamur ke dalam salad atau sup untuk meningkatkan asupan nutrisi, dengan demikian Anda juga bisa memperoleh asupan vitamin D dan B12 agar tubuh lebih berenergi.

6. Bayam
Mengandung zat besi, magnesium, dan potasium membuat bayam memiliki peranan penting untuk memproduksi energi. Magnesium tidak hanya membantu meningkatkan energi tetapi juga membuat tubuh lebih relaks sehingga lebih mudah mendapatkan kualitas tidur yang baik. Bayam juga dapat mengendurkan otot yang kencang, kaki yang pegal, dan mata kedutan.

7. Salmon
Omega 3 dan vitamin B pada ikan salmon berguna untuk memproduksi energi dan meningkatkan fungsi otak.  Sehingga ketika Anda merasa kurang fokus, makan salmon dapat membantu meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan suasa hati. Konsumsi salmon dengan bayam dan nasi merah jika Anda menginginkan stamina yang prima dan memiliki mobilitas tinggi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar